Tempat Liburan Murah di Jogja, Mana Aja Ya?

Selain terkenal karena banyaknya obyek wisata yang menarik, Jogja juga terkenal karena obyek wisatanya banyak yang murah. Ada banyak tempat liburan murah di Jogja buat kamu yang berbujet pas-pasan. Walau murah, tapi tetap seru dan mengesankan.

Menyandang status sebagai Kota Wisata, Jogja atau Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sepertinya tak pernah berhenti menyajikan tempat tempat terbaik untuk dikunjungi atau dieksplorasi. Tenang saja, ada banyak destinasi liburan murah meriah di Jogja buat kamu yang bujetnya terbatas. Ngga cuma ramah di kantong, tempat-tempat berikut juga punya suasana yang asik. Ini beberapa di antaranya.

Candi Ijo

Candi Ijo, adalah candi yang lokasinya berada di Bukit Ijo. Itu kenapa candi ini dikenal dengan nama Candi Ijo. Konon, Candi Ijo adalah salah satu lokasi terbaik di Jogja untuk melihat baik sunset maupun sunrise. Pantas saja, sebab candi ini berdiri di atas bukit dengan ketinggian mencapai 395 mdpl. Kebayang, kan, secantik apa pemandangannya?

Lokasi candi ini kira-kira seikitar 18 km arah timur kota Jogja. Candi Ijo adalah candi Hindu. Kalau kamu suka berwisata ke tempat-tempat wisata yang punya pemandangan indah, candi ini yang wajib banget dikunjungi saat liburan di Jogjakarta.

Ya, Candi Ijo, meski nggak sepopuler Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, candi yang dibangun sekitar abad ke-10 ini punya pemandangan yang nggak kalah menakjubkan, lho.

Bukit Bintang

Masih berkutat dengan obyek wisata berpemandangan indah, obyek wisata yang satu ini letaknya berada di bukit arah jalan menuju Kota Wonosari, kabupaten Gunungkidul.

Kalau kamu penasaran gimana cantiknya Jogja kalau dilihat dari ketinggian? Datang aja ke Bukit Bintang di Pathuk, Gunungkidul, terutama menjelang senja atau di malam hari. Kamu bisa menghabiskan malam dengan duduk di warung warung tepi bukit yang banyak tersedia sambil menikmati lampu kota Jogja dari kejauhan yang gemerlap bak bintang di langit.

Selain cantik, menikmati pemandangan indah kota Jogja dari tempat ini juga murah biayanya. Kamu hanya perlu merogoh kocek untuk membayar parkir kendaraan dan menikmati makanan di warung. Jangan lupa untuk mencoba jagung bakarnya. Bukit Bintang dengan suasana yang sangat romantis ini akan lebih syahdu kalau dikunjungi bersama yang tersayang.

Kawasan Wisata Hutan Pinus Imogiri

Kawasan Wisata Hutan Pinus Imogiri ini mulai terkenal sejak sekitar 2 tahun terakhir. Ya, setelah sebelumnya mungkin hanya sering kita kenal karena adanya Kebun Buah Mangunan dan Makam Raja-raja Mataram, sejak 2 hingga 3 tahun terakhir, secara swadaya, warga atau masyarakat penduduk setempat membangun banyak spot wisata di kawasan Hutan Pinus Imogiri. Pembangunan ini umumnya dengan bantuan mapala mapala dari kampus kampus yang ada di Jogja.

Nama-nama seperti Hutan Pinus Dlingo, Puncak Padasan Pinus Pengger, Rumah Hobit, 1000 Batu Songgo Langit, Pinus Asri, Pinus Mangunan, dan masih banyak lagi lainnya, kini sangat mudah kita temukan hashtag-nya di berbagai social media seperti IG dan FB.

Kawasan Wisata Hutan Pinus Imogiri saat ini memang populer karena menyajikan panorama alam yang indah serta suasana sejuk dan segar khas hutan pinus. Pastikan memori hp anda tidak penuh bila ingin mengunjungi deretan wisata hutan pinus di imogiri ini. Pemandangan dan panorama alam yang ada pasti akan membuat anda ingin berfoto selfie untuk dipamerkan di akun-akun media sosial anda.

Tips: Saat terbaik untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Hutan Pinus Imogiri ini adalah di saat hari masih pagi sekali karena udara masih segar dan ada kabut, dan saat matahari menjelang terbenam hingga malam hari, karena bisa menikmati keindahan pemandangan kota Jogja dari ketinggian.

Malioboro

Tentu saja Malioboro masuk dalam daftar destinasi wisata yang nggak boleh dilewatkan saat liburan di Jogja. Berlibur ke Jogja memang kurang rasanya bila tidak menikmati malam di Malioboro beserta suasana khas Jogja yang ada. Kawasan ini cocok banget buat kamu yang mencari suasana malam yang khas dari kota Jogja. Selain gratis, Malioboro juga menawarkan pilihan wisata yang lengkap, mulai dari kuliner, belanja, fotografi, sampai sejarah.

Kalau mau menikmati asiknya suasana Jogja, datanglah pada malam hari. Selain kamu bisa nemuin banyak pemain musik jalanan, banyak seniman yang memamerkan karya-karya kreatifnya di kawasan Malioboro ini.

stasiun-ada-candi copy

Mengunjungi tempat-tempat wisata murah meriah di Jogja yang di atas dijamin ngga akan bikin bingung soal anggaran, apalagi kalau kamu mengambil paket paket wisata jogja murah dari agen travel yang tarifnya terjangkau seperti @LiburanJogja. Kamu bahkan bisa mengcustom sendiri atau membuat sendiri paket wisatamu untuk berlibur yang hemat dan murah di Jogja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s