Yogyakarta

Yogyakarta – namanya sering diucapkan dan tidak jarang ditulis dengan nama Jogjakarta atau hanya Jogja, adalah salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Kota ini adalah ibu kota Daerah Istimewa Yogyakarta di bagian selatan provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini adalah salah satu yang tertua di Indonesia dan memiliki banyak koleksi monumen dan bangunan tua.

Yogyakarta merupakan tujuan wisata paling populer di Indonesia juga adalah kota yang banyak dipenuhi wisatawan, sebagian besar berkat kedekatannya dengan candi Borobudur dan Prambanan. Selain kota wisata, kota ini adalah pusat seni dan pendidikan, menawarkan beberapa tempat perbelanjaan yang bagus dan memiliki berbagai fasilitas untuk paket liburan jogja.

Kota Yogyakarta adalah salah satu dari lima kabupaten yang dimiliki oleh daerah semi-otonom Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang secara harfiah adalah “Daerah Istimewa Yogyakarta”. (Kabupaten lain adalah Sleman di lereng Gunung Merapi, berapi di utara, Bantul di laut di selatan, bukit Gunungkidul di timur, dan dataran rendah Kulon Progo di barat).

Pariwisata di Jogja bukan hanya Keraton dan Malioboro. Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, Sleman, semuanya memiliki potensi wisata yang menarik. Keindahan alam yang dipadukan dengan budaya dan seni di kota ini menyediakan rangkaian lengkap wisata. Tidak hanya warisan dan budaya, Jogja memiliki hampir semua yang dapat ditawarkan sebagai suguhan wisata.

Ragam dan variasi wisata di Jogja cukup lengkap. Sleman, Gunungkidul, Bantul, dan Kulonprogo, semuanya memiliki potensi wisata yang menarik. Keindahan alam yang dipadukan dengan budaya dan seni di kota Yogyakarta menyediakan beragam wisata yang hampir tidak dapat diperoleh dari kota-kota wisata lainnya. Tidak hanya warisan dan budaya, Jogja memiliki hampir semua yang dapat ditawarkan sebagai suguhan wisata.

Ingin bepergian ke Gunung, Jogja memiliki Gunung Merapi. Selain gunung, untuk wisata trekking, Jogja memiliki Gunung Api Kuno di Gunungkidul dan Suroloyo Peak di Bukit Menoreh. Pantai pasir putih yang indah tersebar di sepanjang pantai Gunungkidul. Goa Tours, mulai dari gua basah hingga gua kering, Jogja memilikinya. Museum, Kuil, dan Desa Wisata tersebar di timur, selatan, barat, di utara wilayah Jogja. Opsi petualangan, Jogja memiliki beragam opsi untuk ditawarkan. Karena pilihan pariwisata yang mereka miliki, banyak kantor nasional atau perusahaan menjadwalkan paket outing kantor di Jogja untuk karyawan mereka.

Tidak cukup hanya 1 hari jika Anda ingin menikmati liburan di kota Jogja. Banyaknya objek wisata di Yogyakarta membuat kita tidak punya waktu untuk mengunjungi semua objek wisata ini dalam 1 hari. Mungkin Anda perlu mengambil paket wisata jogja hingga 3 hari 2 malam untuk dapat menikmati sebagian besar atraksi yang ditawarkan oleh kota ini.

Jika Anda berlibur di Jogja, kota ini memiliki banyak pilihan transportasi untuk memenuhi kebutuhan wisata para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu caranya adalah dengan memesan jasa rental mobil dengan sopir di jogja; terutama untuk menjangkau objek-objek wisata yang jauh seperti kawasan Gunungkidul, Candi Borobudur, dan Candi Prambanan. Mayoritas pengemudi sewa mobil yang profesional di Yogyakarta memiliki pemahaman yang mendalam tentang pariwisata Jogja. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang fasih berbahasa Inggris, walaupun banyak juga yang hanya berbicara bahasa Inggris dasar. Sebagai seorang musafir, dengan rental mobil sekalian dengan supirnya, Anda hanya perlu duduk manis sambil bepergian dan menikmati liburan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s